Kavling Ternak

PROGRAM KAVLING TERNAK – BETERNAK TANPA LAHAN DAN TANPA KANDANG

I.           Pendahuluan

Program Kavling Ternak dibuat bagi yang tertarik pada peternakan kambing dan domba untuk memenuhi kebutuhan akan ternak kambing dan domba yang semakin hari semakin meningkat, seiring dengan itupun membuat berbagai pihak tertarik untuk ikut serta dalam berbisnis peternakan kambing dan domba. Kavling ternak diharapkan dapat menjadi pembuka atas keterbatasan informasi tentang dunia peternakan kambing dan domba dan bukan menjadi penghalang bagi siapapun yang sudah ingin bertekad untuk membuka peluang di bidang peternakan kambing dan domba.

Melihat keterbatasan informasi ini, maka Imah Embe berusaha membantu dengan “Program KAVLING TERNAK”, yaitu suatu Program yang dibuat bagi para pemula maupun profesional yang tertarik untuk membuka peternakan kambing dan domba tetapi memiliki keterbatasan seperti tidak memiliki lahan, modal terbatas dalam membuat kandang, belum memiliki tenaga kerja yang handal untuk mengurus domba, ketidaktersediaan pakan  yang memadai untuk kambing dan domba dan masalah lain yang seharusnya tidak terjadi. Program ini menjadikan Peternakan Kambing dan Domba dalam satu kawasan terpadu yang sudah siap huni bagi ternak kambing dan domba, beberapa sarana yang sudah tersedia dalam kawasan tersebut adalah :

  1. Lahan/Kawasan Terpadu. Peternakan yang akan berdiri merupakan dalam satu kawasan terpadu sehingga bagi siapapun akan lebih mudah dan aman dalam proses pengawasannya, termasuk menekan biaya operasional yang akan timbul dalam bisnis peternakan kambing dan domba.
  2. Kandang. Saat ini sudah tersedia dan sudah siap huni dengan bentuk kandang koloni maupun individu, sehingga bagi siapapun yang tertarik dapat langsung memanfaatkan kandang tersebut. Kandang dapat digunakan cukup dengan menyewanya saja, sehingga cocok bagi siapapun yang masih ingin mencoba berbisnis dipeternakan kambing dan domba tanpa harus berinvestasi terlalu besar untuk pembangunan kandang.
  3. Pakan. Dukungan ketersediaan pakan sepanjang masa untuk menjamin keseimbangan nutrisi bagi ternak kambing dan domba sehingga dapat hasil lebih optimal. Serta bagi siapapun akan menjadi lebih mudah dengan telah tersedia pada lokasi KAVLING TERNAK.
  4. Kesehatan Ternak. Dibantu oleh supervisi kesehatan hewan untuk memberikan ketenangan bagi peternak untuk memelihara ternak kambing dan dombanya.
  5. Tenaga Kerja. Memang tidak mudah untuk mencari tenaga kerja yang memadai untuk bisa memelihara ternak domba khususnya yang amanah dalam memeliharanya, pada kawasan KAVLING TERNAK telah disediakan tenaga kerja yang dididik dan terawasi oleh Imah Embe sehingga akan lebih nyaman bagi para pelaku peternakan.
  6. Ketersediaan Bakalan/Bibit. Dalam rangka memulai bisnis peternakan kambing dan domba ini maka diperlukan bakalan/bibit yang memenuhi standar untuk sebuah peternakan. Imah Embe akan menyediakan ternak dengan sistem timbang hidup berat badan yang akan lebih adil dan jelas terukur bagi siapapun, sehingga peternak akan lebih bisa memperhitungkan biaya yang timbul dari pendirian peternakan ini ataupun dengan sistem taksiran hidup untuk beberapa kelas/jenis ternak yang memang belum bisa dilakukan timbangan.
  7. Management Farm. Imah Embe akan berfungsi sebagai supervisi dan supporting system bagi peternakan pada Kawasan KAVLING TERNAK, sehingga diharapkan peternakan ka,bing dan dombanya akan tetap pada jalur yang tepat untuk mendatangkan keuntungan dan memberikan rasa aman bagi para peternak kambing dan domba.
  8. Jaminan Pasar. Menjadi penting dalam menjalankan usaha adalah adanya kepastian pasar disaat ternak kambing dan domba sudah siap dijual. Pembelian juga akan dilakukan dengan sistem timbang hidup berat badan dan pembayaran dilakukas cash saat penimbangan selesai dilakukan. Ataupun bisa dijual kepada pihak ketiga andai mitra yang tergabung dalam Program KAVLING TERNAK sudah memiliki pasar tersendiri.

Program KAVLING TERNAK adalah BUKAN merupakan program investasi seperti layaknya menanamkan modal pada Imah Embe. Tetapi program ini dibuat untuk menjadikan siapapun siap untuk menjadi peternak kambing dan domba. Program ini adalah metode baru yang pertama dan satu-satunya yang ada dengan konsep seperti ini. Semua pihak yang bergabung dengan Program KAVLING TERNAK, walaupun hanya satu ekor, maka ia telah menjadi/memiliki peternakan pada kawasan tersebut.

Seperti layaknya bisnis pada umumnya, resiko dalam bisnis peternakan akan tetap selalu ada, hanya saja diharapkan dengan cara seperti ini akan jauh lebih bisa ditolerir dan akan bisa diinfentaris jauh-jauh hari.

Jadi, bagi siapapun yang ingin menjadi peternak kambing dan domba, Imah Embe harapkan bisa bergabung karena ini adalah Metode baru dalam Beternak Domba Tanpa Harus Membeli Lahan dan Tanpa Harus Membangun Kandang. Selamat bergabung menjadi peternak kambing dan domba. Happy Farming!!!.

 

II.         Visi dan Misi

a.    Visi Program KAVLING TERNAK :

“Bersama-sama Menjadi Pertama dan Terbesar sebagai Pembibit dan Pengembang Ternak Kambing dan Domba dalam satu Kawasan Terpadu”.

b.    Misi Program KAVLING TERNAK :

  1. Menjadikan siapapun siap untuk menjadi peternak kambing dan domba yang sukses.
  2. Memberikan cara yang lebih muda dan terukur dalam mendirikan peternakan kambing dan domba.
  3. Memberikan jaminan kepastian supply dan pasar bagi setiap mitra peternak kambing dan domba.
  4. Menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan bagi berdirinya suatu peternakan kambing dan domba.

 

III.       Mekanisme Kerjasama

Pola kerjasama yang dikembangkan dalam Program KAVLING TERNAK adalah memadukan berbagai stakeholder peternakan kambing dan domba dalam satu kawasan terpadu, sehingga diharapkan akan lebih mudah memonitor dan mampu menekan biaya yang timbul. Imah Embe selaku pendesain Program KAVLING TERNAK akan berfungsi sebagai Farm Manager dari para peternak yang terlibat dalam Kawasan KAVLING TERNAK sekaligus sebagai penyedia supporting system yang dibutuhkan dalam berdiri dan jalannya peternakan kambing dan domba, seperti penyedia lahan, kandang, pakan, obat-obatan kesehatan, tenaga kerja, bakalan/bibit dan jaminan pembelian kembali.

Berkenaan dengan Ternak yang akan dikelola oleh Imah Embe diperbolehkan dibeli dari pihak lain maupun disediakan oleh Imah Embe. Jenis kontrak yang terjadi dalam Program KAVLING TERNAK antara peternak mitra dan Imah Embe adalah jual beli, untuk ternak yang dibeli dari Imah Embe (bukan INVESTASI dengan mekanisme menitipkan uang/modal), sehingga 100% ternak tersebut adalah menjadi milik peternak yang tergabung dalam Program KAVLING TERNAK dan Imah Embe akan melibatkan diri dalam proses pemeliharaan sampai dengan panen. Dan untuk ternak yang dibeli dari pihak lain maka jenis Kontraknya berbentuk Kontrak Penitipan Hewan Ternak. Kepemilikan hewan ternak 100% milik peternak mitra,  sehingga tidak akan pernah membatasi para peternak untuk berkunjung dan terlibat dalam proses peternakan, dengan tetap berkonsultasi dengan Imah Embe sebagai penanggung jawab lapangan.

Atas setiap ternak yang dititipkan melalui Imah Embe dan tergabung dengan Program KAVLING TERNAK tidak bersifat bagi hasil atau memberikan keuntungan apapun bagi pihak Imah Embe. 100% setiap hasil yang didapatkan dari ternak tersebut adalah milik peternak mitra. Beberapa keuntungan yang didapatkan dengan bergabung bersama Program KAVLING TERNAK adalah :

1. Membantu pemberdayaan dan pengembangan ekonomi pedesaan, dengan memberikan lahan pekerjaan bagi masyarakat desa.

2. Mendapatkan kesempatan untuk belajar dunia peternakan kambing dan domba dengan lebih mudah dan murah. Setiap saat diperkenankan untuk mendapatkan pelatihan mengenai peternakan kambing dan domba seperti Pengenalan Berbagai Jenis Ternak ; Metode Pembuatan Kandang dan Evaluasi Pemilihan Lingkungan; Metode Penyusunan Bahan Pakan, Pembuatan Konsentrat dan Pengawetan Pakan; Manajemen Kandang dan Kesehatan Ternak; Metode Penanaman dan Panen Hijauan Makanan Ternak; Metode Pasca Panen dan Pengolahan, Metode Analisa Usaha dan Evaluasi Keuangan. Akan diadakan di dua Lokasi yaitu Cipanas, Puncak dan Magelang, Jawa Tengah.

Beberapa pilihan Program Kavling Ternak yang dapat dipilih adalah :

a. Kavling Ternak Pembibitan (Pemeliharaan Betina), fokus dari program ini adalah memfokuskan  pada penambahan populasi dengan pemeliharaan betina. Beberapa jenis domba yang dapat dipilih adalah seperti Domba Garut, Domba Ekor Gemuk, Domba Merino dan Dombos.

b. Kavling Ternak Kurban, dengan tujuan akhir adalah menyiapkan siapapun yang berminat untuk memiliki hewan ternak untuk keperluan Kurban. Dengan metode ini menjadikan Kurban lebih mudah dan murah.

c. Kavling Ternak Daging, pola penggemukan untuk memenuhi kebutuhan daging domba dan kambing potong.

III.        Penutup

Demikian penjelasan gambaran singkat tentang pola usaha Program KAVLING TERNAK. Berbagai hal yang kiranya perlu ditanyakan dapat menghubungi Imah Embe melalui email cs.imahembe@gmail.com atau pin BB 29C9EBA3, 085228849818/087714462044.

Incoming search terms:

  • cara ternak domba
  • cara memelihara kambing tanpa kandang
  • tenaga kerja untuk peternakan domba
  • modal untuk mendirikan peternakan kambing
  • memulai usaha ternak domba tanpa modal
  • lahan yang cocok untuk ternak kambing
  • lahan yang cocok buat ternak kambing
  • kandang kambing yg memenuhi standar
  • investasi bagi hasil ternak kambing dan domba
  • embe terbesar

Search

Video Pembuatan Sosis

Perjalanan Imah Embe

Perjalanan Imah Embe Slideshow: Imah’s trip to Bogor was created with TripAdvisor TripWow!