Program Kemitraan

Ternak Domba

Ternak Domba

Dalam perjalanan usaha Peternakan, Imah Embe menelurkan dua Program Kemitraan yaitu Program Mitra Tangguh dan Program Kavling Ternak, sedangkan untuk Program Kavling Ternak terdapat beberapa pilihan seperti Kavling Ternak Pembibitan, Kavling Ternak Kurban,  Kavling Ternak Perah dan Program Kavling Ternak Daging.  Setiap Program Kemitraan memliki ciri khas tersendiri dan bisa disesuaikan denga kebutuhan bagi para calon Mitra. Tujuan dari Program Kemitraan Imah Embe adalah membantu bagi para Mitra untuk mendapatkan pendampingan dalam menjalankan usaha peternakan kambing dan domba, sehingga diharapkan dapat sedini mungkin dalam mengantisipasi timbulnya kerugian dalam menjalankan usaha peternakan kambing dan domba.

Bagi rekan-rekan yang bingung memilih Program Kemitraan seperti apa yang cocok untuk dijadikan pilihan, akan Imah Embe bantu jelaskan sedikit untuk bisa mendapatkan gambaran sebelum memilih bermitra dengan Imah Embe.

Program Mitra Tangguh

Program Kemitraan Mitra Tangguh adalah kemitraan yang pertama kali ditelurkan oleh Imah Embe yang dikembangkan di Propinsi  Jawa Tengah dan Propinsi Jawa Timur. Program Kemitraan ini ditujukan bagi setiap individu yang kiranya sudah memiliki lahan dan sudah memutuskan untuk mendirikan peternakan kambing dan domba. Beberapa alasan mendasar mengapa memilih Program Kemitraan Mitra Tangguh adalah :

  1. Target pemeliharaan minimal sebanyak 30 ekor. Hal ini akan berkaitas dengan skala ekonomi minimal dalam pengelolaan usaha peternakan kambing dan domba.
  2. Memiliki lahan yang tidak termanfaatkan. Tidak sesuai bagi yang belum memiliki lahan karena investasi di pembelian lahan akan memakan dana yang cukup besar.
  3. Memiliki kecukupan modal. Modal ini berkaitan dengan pembelian ternak dan pembangunan kandang serta untuk perputaran usaha peternakan kambing dan domba.
  4. Bersedia melakukan pembangunan kandang. Kandang akan dibuatkan desain dan ukuran lengkapnya untuk dibangun pada lahan yang sudah tersedia.

Berkenaan keuntungan dari keikutsertaan dengan Program Kemitraan Imah Embe dan segala fasilitas yang akan didapatkan bisa di akses disini.

Program Kavling Ternak

Secara prinsip  Program Kemitraan ini mengenalkan konsep beternak TANPA LAHAN dan TANPA KANDANG. Merubah biaya fixed cost menjadi variabel cost, sehingga para pemula lebih mudah dalam memperhitungkan biaya operasional dan segala resikonya. Menjadikannya lebih mudah dalam mengukur biaya pengeluaran. Beberapa alasan mendasar mengapa memilih Program Kemitraan Kavling Ternak adalah :

  1. Keterbatasan Modal. Bagi para pemula sangat berat andai saat akan memulai bisnis peternakan harus dimulai dengan membeli lahan dan membangun kandang, ditambah dengan tanpa pengalaman awal dalam bisnis peternakan kambing dan domba maka akan terlalu beresiko. Resiko terburuk adalah peternakan tersebut bangkrut, maka akan sangat mubazir atas modal pembelian lahan dan pembangunan kandang. Bergabungnya para mitra pada Program KAVLING TERNAK akan cukup mudah dan murah, cukup membayar biaya sewa untuk kandang dan lahan. Begitu juga sudah termasuk sewa kendaraan sebagai fasilitas yang dibutuhkan dalam pendirian usaha peternakan kambing dan domba
  2. Pemula dan Professional Peternakan. Program Kemitraan KAVLING TERNAK akan cocok bagi para pemula, selain karena biaya yang relative mudah dan murah serta mendapatkan proses pendampingan selama menjalankan usaha peternakan kambing dan domba. Juga, sangat cocok bagi para senior atau professional yang sudah menjalankan peternakan kambing dan domba yang sudah memiliki kepastian pemasaran, sehingga memerlukan kerjasama dalam pengembangan usaha peternakan kambing dan dombanya.
  3. Tidak Memiliki Lahan. Berdirinya suatu usaha peternakan kambing dan domba seharunya memiliki lahan yang mencukupi untuk membangun kandang dan menanam rumput sebagai sumber bahan pakannya, tetapi hal ini akan menyebabkan tingginya modal yang dibutuhkan untuk membeli lahan. Hal ini bisa ditanggulangi dengan bergabung pada Program Kemitraan KAVLING TERNAK karena lahan cukup dengan disewa dan perhitungannyapun mudah yaitu dihitung per ekor per bulan.
  4. Tidak Memiliki Kandang. Selain lahan, maka usaha peternakan kambing dan domba akan membutuhkan kandang sebagai tempat tinggal bagi ternak, tetapi ini juga akan menyebabkan usaha membutuhkan modal yang tinggi. Kendala ini akan teratasi dengan bergabung pada Program Kemitraan KAVLING TERNAK dimana kandang cukup dengan membayar sewa diperhitungkan per ekor per bulan.
  5. Tidak Memiliki Tenaga Kerja. Pendirian suatu usaha peternakan kambing dan domba akan membutuhkan tenaga kerja untuk pemeliharaan dan jalannya usaha peternakan kambing dan domba. Menyiapkan tenaga yang terdidik dan terlatih memerlukan waktu dan andai skala usaha masih kecil maka akan terkendala dengan tingginya biaya tenaga kerja dibandingkan dengan skala usaha yang masih kecil. Dengan bergabung pada Program Kemitraan KAVLING TERNAK maka para mitra sudah mendapatkan supervise dan tenaga kerja yang terdidik dan terlatih untuk memelihara kambing dan domba, biaya yang dikeluarkan oleh para mitra pun tidak mahal hanya memperhitungkan baiay per ekor per hari dan biaya ini sudah termasuk biaya pakan dan kesehatan.
  6. Tidak Memiliki Standarisasi dan Keilmuan Pakan. Selain dengan mendapatkan tenaga kerja yang terdidik dan terlatih, maka setiap ternak yang Mitra titipkan akan mendapatkan pakan dan nutrisi yang terjamin untuk kesehatan ternak, sehingga hasil bisa optimal.  Biaya yang dikeluarkan hanya diperhitungkan per ekor per hari.

Demikian kiranya beberapa Program Kemitraan yang bisa dijelaskan dan silahkan disesuaikan dengan kebutuhan para Mitra. Segala sesuatu yang ingin ditanyakan dapat menghubungi Imah Embe di cs.imahembe@gmail,com atau 087714462044. Mohon saran dan kritikan atas artikel ini untuk perbaikan dikemudian hari.

Incoming search terms:

  • kambing dan domba
  • kerjasama ternak kambing
  • kemitraan usaha
  • desain kandang domba
  • ternak kambing domba
  • peternakan domba di jawa tengah
  • kemitraan ternak domba
  • usaha kemitraan
  • ternak kambing jawa
  • peternakan kambing di jawa tengah